Jumat, 26 Februari 2016

Produsen Jembatan Timbang

Sweetcorn Tech ( SCT )
Call : 081315745715 / richard
Divisi Welding 
Kami ahli membuat berbagai pengelasan jembatan timbang untuk mobil dan truk.
disamping itu kami juga didukung oleh berbagai produk andalan kami antara lain:

*Jembatan Timbang Portable
*Jembatan timbang untuk  Perkebunan kelapa sawit
*Timbangan sapi
*Kandang jepit sapi



Jembatan timbang –  adalah suatu alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui berat suatu benda. Selain fungsi yang disebutkan diatas jembatan timbang juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengecek bila ada penerimaan barang dalam suatu perusahaan.

Perkembangan jembatan timbang di masa sekarang ini mulai banyak inovasi , pada awalnya jembatan timbang menggunakan system mekanikal yang dikenal dengan timbangan mekanik, dimana tidak menggunakan perangkat listrik atau elektronik, timbangan mekanik mulai ditinggalkan seiring dengan perkembangan jaman . dan digantikan dengan timbangan Hybrid atau perpaduan system mekanik dan digital.



Timbangan Hybrid atau gabungan dari system mekanikal dan elektrikal, system hybrid ini sudah lumayan baik dan banyak digunakan , tetapi tidak beberapa lama muncul lagi generasi terbaru dari timbangan yaitu system penimbangan dengan metode Full digital atau menggunakan perangkat elektronik disemua bagian dari perangkat timbangan tersebut.


Jembatan timbang dengan menggunakan System Full digital atau yang lebih dikenal dengan menggunakan System Full Load cell , Komponen elektronik utama dari Jembatan timbang full load cell adalah Load cell itu sendiri, Junction box , Indikator timbangan digital dan Komputer.


Load cell atau sensor berat tersebut adalah bagian paling sensitif dari jembatan timbang karena berfungsi sebagai tolok ukurnya. keakuratan load cell digital hampir mendekati 98 %. oleh karena itu sekarang orang lebih cenderung menggunakan Load cell sebagai komponen utama timbangan digital dan jembatan timbang daripada menggunakan system pengukuran dengan mekanikal.


Di era yang semakin modern ini perkembangan jembatan timbang diikuti dengan penerapan – penerapanya, salah satunya adalah produk artha tehnik mandiri yaitu Jembatan timbang dengan menggunakan CCTV system. Jembatan timbang CCTV adalah inovasi terbaru dan terkini dari Sweetcirn Tech ( SCT )


Keberadaan jembatan timbang / truck scale sebagai perangkat alat ukur atau takar sangat diperlukan, adapun fungsi truck scale dalam bidang perkebunan diantaranya sebagai berikut :

1. Mengetahui data produksi buah dari kebun
2. Memonitoring perbedaan brutto, tara, dan netto
3. Menimbang Tandan Buah Segar (TBS)
4. Mengetahui jumlah hasil produksi yang akan dijual/dikirim



Jembatan Timbang untuk di pertambangan

Jembatan timbang yang penggunaanya di area atau lokasi pertambangan, sebagai salah satu contoh adalah jembatan timbang tambang batu bara , jembatan timbang tambang biji besi, jembatan timbang tambang emas , jembatan timbang tambang pasir, jembatan timbang tambang batu , jembatan timbang tambang bauksit dan lain sebagainya

KOMITMEN


SCT ( Sweetcorn Tech ) selalu mengembangkan diri untuk dapat
mengikuti trend yang ada di dunia manufaktur. Pengembangan yang kami lakukan bukan hanya meliputi upgrade kemampuan teknis melainkan juga dalam hal manajemen untuk menjawab semua tantangan yang sedang berkembang.

SCT berkomitmen terhadap Quality,Price Competitiv serta on time delivery. Untuk menjamin komitmen tersebut kami telah mengembangkan diri diantaranya adalah :
1. Computer Aided Design (CAD) untuk memudahkan dalam proses perancangan prodak yang dioperasikan oleh sumber daya yang ahli dibidangnya.
2. Product Process Incoming Control Software (PPIC) untuk menunjang kelancaran proses perencanaan product yang tepat dan akurat.
3. Project Integrated Software untuk monitoring schedule project
4. Sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.
5. Fasilitas yang memenuhi syarat untuk menunjang kelancaran proses kerja.

Cara Memilih Timbangan Dan Jembatan Timbang


Banyaknya jenis dan model timbangan elektronik membuat kita kadang-kadang bingung untuk menentukan pilihan timbangan mana yang paling cocok untuk kebutuhan kita.

Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin teliti atau semakin besar kapasitas timbangan berarti semakin baik, Anggapan ini tidak salah, walaupun tidak selamanya betul, dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Ada pula orang yang menyesuaikan pembelian timbangan sesuai dengan budget yang dimiliki, sehingga mengorbankan kriteria yang seharusnya dipertimbangkan seperti ketelitian, kapasitas maksimum, dan lainnya, Hal ini salah, karena akhirnya timbangan tersebut tidak dapat digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan. "The best scale should base on your needs not on your budget.".

Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat anda memutuskan untuk membeli timbangan :

Kapasitas
Berapa berat maksimum barang yang akan ditimbang?, Semakin besar kapasitas, biasanya lebih baik, akan tetapi hal ini berkaitan pula dengan resolusi timbangan, karena semakin besar kapasitas, maka resolusi timbangan akan semakin kasar.
Sebaiknya anda menggunakan timbangan yang memiliki kapasitas maksimum sedikitnya 30 % lebih besar dari berat maksimum barang untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh over load.


Ketelitian
Berapakah ketelitian timbangan yang anda perlukan??, Semakin teliti timbangan semakin baik, akan tetapi ketelitian yang tinggi dan kapasitas yang besar mengakibatkan harga menjadi mahal, sehingga sesuaikan ketelitian timbangan dengan kebutuhan anda.

Ukuran platform/ Pan
Anda harus mengetahui ukuran maksimum barang yang akan ditimbang, karena bila ukuran barang tersebut melebih platform/ pan timbangan, maka dapat mengakibatkan timbangan tidak stabil.
Bila ukuran platform/ pan lebih besar dari barang yang ditimbang tidak masalah
>> Ukuran platform timbangan harus lebih besar dari barang yang ditimbang.

Lingkungan
kebanyakan timbangan didesain untuk digunakan di lingkungan normal yang tidak terlalu panas, dingin, lembab, basah dan lainnya. Bila anda perlu menggunakan timbangan untuk lingkungan yang tidak normal, anda dapat menanyakan ke bagian penjualan untuk menemukan timbangan yang cocok untuk lingkungan ekstrim tersebut.

Jenis barang yang ditimbang
Selain faktor lingkungan, anda harus pula mempertimbangan jenis barang yang anda timbang, karena barang yang ditimbang dapat mengakibatkan kondisi normal tidak tercapai.Anda harus memperhatikan apakah barang yang anda timbang perlu perlakuan khusus, barang-barang seperti cairan, tepung, korosif material, barang yang panas perlu menggunakan timbangan yang sesuai agar masa pakai timbangan lebih lama.

Penggunaan timbangan untuk fungsi yang lebih lanjut
Kebanyakan orang menggunakan timbangan hanya untuk menimbang, padahal timbangan dapat pula digunakan untuk fungsi-fungsi lainnya seperti

    Counting scales, menghitung jumlah barang

    Filling machine

    Checkweigher / Timbangan Cek
    Batching / Timbangan Batching
    Bagging / Timbangan Bagging
    Weigh Feeder
    Belt Scale / Timbangan Konveyor
    Timbangan Packing / Packing Scale
    Mencetak data berat setiap selesai menimbang
    Menyimpan hasil penimbangan ke database
    Berkomunikas dengan komputer untuk mengirim data timbangan


Dengan mempertimbangkan fungsi-fungsi ini, anda dapat memilih timbangan sesuai kebutuhan anda, misalnya bila anda hendak mengirim data timbangan ke komputer, maka anda harus memiliki fungsi RS-232C, di timbangan anda.

Kami tetap merekomendasikan anda untuk berkonsultasi dengan weighing consultant kami sebelum memutuskan pembelian timbanga, karena kami tidak menginginkan pelanggan membeli barang dari kami dan tidak dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.
Tera Jembatan Timbang Dan Timbangan

Metrologi adalah ilmu tentang ukur mengukur dalam arti luas. Kegiatan metrologi meliputi pengukuran, karakter alat ukur, metode pengukuran, dan penafsiran dari hasil pengukurannya. Bidang yang dikelolanya meliputi pengujian, produksi, kalibrasi, dan jaminan mutu. Metrologi terbagi dalam dua bagian besar yakni metrologi legal dan metrologi teknis. Metrologi legal terbagi dua menjadi metrologi legal perdagangan dan metrologi radiasi nuklir. Metrologi legal perdagangan berada dibawah naungan Departemen Perdagangan yang berwenang melakukan tera dan tera ulang. Sedangkan metrologi teknis dilaksanakan oleh laboratorium kalibrasi. Ditengah-tengah mayarakat sering didapati ambigu antara kalibrasi dan tera, berikut ini adalah perbedaan anatara keduanya


Penimbangan Berat Sapi

Berat sapi adalah faktor utama untuk memperoleh keuntungan dalam penggemukan sapi potong, sehingga penimbangan menjadi hal yang penting untuk dilaksanakan secara berkala.
Manfaat dari penimbangan yg kami rasakan adalah:
1. Mengkonfirmasi berat sapi bakalan yg kami beli
2. Menentukan jumlah pakan yg akan diberikan
3. Mengontrol kenaikan berat harian sapi sebagai bahan evaluasi pakan
4. Menentukan harga jual sapi
Penimbangan juga harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya cedera dan stres yang berlebihan pada hewan ternak yang akan menyebabkan turunnya bobot ternak saat penimbangan dan setelahnya.

Static Weighing vs Dynamic Weighing
Menimbang benda hidup (baca : ternak) tentunya berbeda dengan menimbangan benda mati. Karena dalam menimbang benda mati tidak akan terjadi pergerakan benda yang ditimbang (static), sementara dalam menimbang ternak rasanya jarang sekali saya mendapati ternak yang diam 100% (dynamic). Dan karenanya timbangan untuk ternak berbeda dengan timbangan untuk benda mati. Dalam timbangan ternak dikenal istilah LiveWeighing atau AnimalWeighing dimana fungsi ini kemudian diterjemahkan sebagai fungsi Hold (sering juga disebut Lock, atau di farm juga dikenal dengan istilah Get), baik Manual Hold maupun Automatic Hold. Secara harfiah, fungsi Hold ini akan “menahan” atau “mengunci” berat ternak yang ditimbang sehingga nilai berat tersebut tidak berubah ketika ternak tersebut bergerak atau mengamuk (karena stress). Fungsi inilah yang tidak dimiliki oleh timbangan untuk benda mati. Sehingga pernah ada farm yang “memaksakan diri” menggunakan static weighing untuk timbangan ternaknya, efeknya selain kinerja menjadi lebih lama (karena harus menunggu posisi ternak nyaris diam), juga ketika penjualan ternak seringkali terjadi perdebatan antara petugas penimbang dengan customer dikarenakan pencatatan berat yang selalu berubah karena ternak yang tidak mau diam. Khusus untuk AnimalWeighing, saat ini banyak pilihan merk/brand di pasaran, salah satunya Cardinal (USA), dll.

Berikut ini tips ketika kita akan membeli timbangan, selain tentunya kualitas menjadi faktor utama:
  1. Perhatikan legalitas
    Jangan hanya karena fitur AnimalWeighing kemudian kita melanggar hukum. Banyak produk hukum yang membahas legalitas Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UUTP), termasuk sanksi apabila kita melanggarnya. 
  2. Pastikan layanan purna jual
    Tidak sedikit produsen yang belum memiliki service/sole agent di Indonesia, sehingga ketika terjadi masalah biasanya cukup sulit bahkan seringkali kemudian hanya menjadi “bangkai tak terpakai”. Pastikan layanan purna jual untuk perawatan maupun perbaikan, karena timbangan adalah aset alat ukur yang diperlukan untuk menghasilkan parameter dalam industri peternakan.
  3. Sesuaikan anggaran
    Bervariasinya produk menuntut kita untuk jeli dalam memilih. Sesuaikan anggaran dengan kebutuhan (bukan keinginan) tanpa melupakan rencana pengembangan kedepan, sehingga investasi yang dikeluarkan bermanfaat untuk jangka panjang.
  4. Tentukan parameter
    Pernah terjadi di salah satu peternak sapi bahwa timbangan yang dibelinya hanya berkapasitas 1ton (1.000Kgs), padahal rumah timbangan sendiri beratnya rata-rata 500kgs, dan berat sapi banyak yang lebih dari 500Kgs. Sepintas masalah tersebut tidak akan terlihat karena pada setiap WeighIndicator dilengkapi dengan Zero Function, tapi ketika dirunut berkenaan dengan kualitas bahan baku LoadCell yang tentunya berdeda untuk setiap besaran kapasitas, masalah mulai muncul. Tentukan kapasitas dan resolusi timbangan serta parameter lainnya sesuai kebutuhan

Timbangan Ternak (Live Stock/ Animal Weighing)


Dinamakan timbangan ternak karena kegunaan timbangan ini untuk menimbang hewan ternak semisal sapi, kerbau, kambing dll.
Perbedaan timbangan ternak elektronik dengan timbangan elektronik lain adalah adanya fungsi HOLD / PEAK HOLD disamping memang tempat timbangnya yang juga berbeda.
Fungsi HOLD adalah fungsi dimana bila didapat angka yang sering menunjuk maka angka tersebut otomatis berhenti dan mengunci.
Sedang fungsi PEAK HOLD adalah sama dengan HOLD akan tetapi angka berhentinya pada saat timbangan mendapatkan angka tertingginya. Fungsi-fungsi ini diterapkan pada timbangan ternak karena bila hewan ternak ditimbang pasti akan bergerak-gerak terus. Bergeraknya benda diatas timbangan akan menyebabkan angka tidak bisa stabil.



Timbangan Mobil & Truk

(Truck Scele/ Weighbridge/ Jembatan Timbang)

nilah Jenis timbangan paling besar. Dinamakan jembatan timbang karena memang bentuknya seperti jembatan. Timbangan ini dipergunakan untuk menimbang kendaraan roda 4 atau lebih. Kapasitas timbangan ini bisa sampai 100 ton dengan dimensi yang berbeda-beda. Ada ukuran 9 x 3 m, 12 x 3 atau 16 x 3 m.
Jembatan Timbang sekarang sudah bukan monopoli milik LLAJR saja melainkan sudah merupakan kebutuhan pokok perusahaan-perusahaan yang mempunyai kegiatan bongkar muat barang dengan kendaraan bermotor.
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar